Peran copywriting sangatlah penting. Kamu jadi bisa memperkenalkan produk atau jasa dengan cara yang menarik. Bukan hanya sekedar menarik, mendapatkan perhatian dan penerimaan yang lebih besar dari masyarakat.
Terutama di era digital seperti sekarang, peran copywriting sudah berkembang di semua strategi pemasaran. Mulai dari email marketing, pop up marketing, landing page, penulisan konten website, caption jualan online, dan di banyak strategi usaha digital lainnya.
Nah, kalau kamu seorang pelaku usaha yang ingin memanfaatkan media sosial untuk berjualan, maka kamu sangat memerlukan copywriting. Supaya kamu semakin mengerti, yuk simak 5 alasan mengapa copywriting itu penting!
1. Menarik Perhatian Audiens
Pernahkah kamu, tiba-tiba berhenti untuk scrolling media sosial karena suatu iklan? Dan, kamu ternyata tertarik untuk membeli apa yang ditawarkan.
Teknik copywriting bisa membantu kamu, agar orang lain melalukannya. Membuat audiens langsung tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan sehingga promosi yang kamu lakukan tidak tenggelam oleh produk kompetitor.
Singkatnya, copywriting bisa menjadi jurus yang ampuh agar target audiensmu jatuh cinta pada produkmu.
2. Membangun Personality Branding
Bagaimana jika kamu datang kencan pertama dengan penampilan yang awut-awutan? Mungkin kamu merasa tidak masalah karena itu dirimu sendiri.
Namun, pikirkan juga perasaan pasangan kencanmu. Bagaimana perasaannya saat pertama kali melihatmu? Tentu kesan pertamanya sudah kurang begitu baik. Belum lagi, ketikga tersebar di media sosial, persoalan asmaramu pasti akan semakin ambyar.
Sekarang, bayangkan semuanya terjadi pada produk atau jasa yang kamu tawarkan. Apa jadinya? Tepat sekali! Kesan produk atau jasa tersebut buruk. Kurang diterima oleh masyarakat. Intinya, produkmu tidak akan laku.
Nah, disitulah peran copywriting. Membantu untuk mengemas dan menyampaikan produk atau jasa yang kamu tawarkan, agar mendapatkan kesan yang menarik dari calon pembeli.
3. Mempromosikan Keunggulan Secara Menarik
Penampilan yang baik saja ternyata tidak cukup untuk menarik perhatian. Harus ada keunggulan atau kelebihan yang ditonjolkan. Keunggulan ini bisa membuat produk atau jasa yang kamu miliki bisa bersaing dengan kompetitor.
Berbekal copywriting, kamu ibarat menemukan jurus sakti. Jurus ini bisa dipakai agar keunggulan produk atau jasa yang kamu dimiliki tersampaikan dengan cara yang tepat dan menarik.
4. Mempengaruhi Target Audiens
Copywriting membantu untuk menyampaikan pesan dengan cara menarik. Dengan begitu, produk atau jasa yang kamu tawarkan akan mendapat perhatian dari target audiens.
Mengapa perhatian target audiens ini penting? Perhatian yang besar dari target audiens membuat suatu produk semakin dikenal luas. Dan, akan mempengaruhi audiens untuk memberikan tempat bagi produk tersebut di kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, peluang yang kamu miliki dalam meningkatkan hasil penjualan juga akan ikut meningkat.
5. Meningkatkan Rangking Website
Jika kamu memiliki website untuk mengenalkan usaha atau produk, maka kamu juga memerlukan copywriting. Sebab, untuk membuat websitemu tampil prima, bukan hanya perlu mengoptimalisasi SEO-nya saja, loh!
Namun, kamu juga perlu mengoptimalisasi koten di dalamnya. Caranya, tentu dengan copywriting. Hal ini perlu dilakukan agar pengunjung websitmu bertambah dan betah. Dengan begitu, website yang kamu kelola bisa muncul di rangking pertama mesin pencarian.
Itulah beberapa alasan mengapa copywriting menjadi begitu penting. Terlebih, jika kamu ingin mengutamakan kualitas konten untuk mempromosikan produk atau jasa dengan cara yang menarik.
Jadi, kamu siap belajar tentang copywriting?